OOPS
Please Login or sign up first to proceed.

close

loading ...

loading...
Go Back
⁣[DIY Deterjen]⁣⁣Kali ini mamak Mika bikin deterjen sendiri. Hasil belajar mandiri dapet resep yg paling sederhana soda abu + sabun alami kelapa. ⁣Apa itu Soda abu/washing soda/ sodium carbonate? ⁣Zat padat ringan yg agak larut di dalam air bersifat alkaline/ basa. Air yg sifatnya basa memperluas tegangan permukaan. Makanya kotoran lebih gampang lepas dari kain krn udah meregang gitu. Setidaknya ini yg bisa saya simpulkan 😁⁣⁣Sodium carbonate banyak dipakai pada industri sabun deterjen, kaca, pulp & paper, serat plastik, dan banyak industri lain. ⁣⁣Aman gak? ⁣Soda abu bukan termasuk bahan kimia berbahaya (SLS, APE, MEA, NPE, Fragrance, 1,4-dioxane) . Jadi seharusnya aman untuk pemakaian jangka panjang.⁣⁣Daya cuci soda abu ini bagus, tapi harus diperhatikan krn bisa melunturkan warna secara perlahan. Untuk bahan yg sangat lembut seringkali merusak serat kain. Jadi perhatikan hal-hal ini yak. Kalo gak masalah ya pake aja. ⁣⁣Takaran yg saya pake soda abu : sabut alami = 1:1. Bisa ditambahkan EO pas proses akhir pencucian.⁣---⁣Di foto Ini masih dalam rangka ngetes seberapa bersih resep ini. Ternyata cukup bersih untuk ngilangin bekas lipstik waterproof di reusable cotton pad yg saya pake. ⁣⁣Warna air rendaman juga menghintam. Bisa jadi karena lunturan warna dan kotoran kain lap yg saya cuci ini. ⁣---⁣Soda abu saya beli di toko kimia cukup 8ribu/ kg nya. Sabun alami kelapa saya buat sendiri caranya pernah liat di IGTV saya yak. ⁣Detergen ini pastinya gak bikin iritasi dan ramah buat lingkungan krn bahan yg alami non-toxic. ⁣⁣Gimana mamak tertarik coba? ⁣⁣⁣---⁣⁣ #clozetteid⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #zerowasteindonesia⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #sayapilihbumi⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #TolakSekaliPakai⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #BijakKelolaSampah⁣⁣⁣⁣⁣ #ResponsibleWasteManagement⁣⁣⁣ #10MenitUntukBumi
diannopiyani 2 Aug 2019
wah keren banget ini 👍
post
6 likes
Categories : entertainment, diy
see more from this collectionInstagram

MORE FASHION POSTS

Warm or Cool?
______________ "When in doubt, wear ...
Sukkaaaaaa banget sama detail baju @dreamsisterjan...
Menemukan skincare yang cocok memang susah-susah g...
Rahajeng Nyanggra Kuningan 😇
-
#rahajengkuninga...
#SpotToVisit @kopi_monokrom di Jl. Summagung, Kela...
Clozetter @deniathly and her cafe-hopping outfit. ...
Kemarin di acara "Your DNA says alot about you" ba...
Hayooo bisa bedain gak yg mana ARA dan yg mana AYA...
Health is everything!
.
Banyak pilihan cara untuk ...
Me & the humble travelers
.
.
Yang satu anak koper...

MORE BEAUTY POSTS

[WEEKEND]
Semangat buat yang masih ngantor
Hati-h...
Udah lama bgt tahu produk Lucas Papaw ini, tapi ba...
#GRWM current fav makeup sambil nyobain palette ba...
City Color Eyeshadow Hypnotic Palette ⠀


...
Shine bright like a 💎 baby! Walau cuaca menduku...
Cegah tanda-tanda penuaan sejak dini !!!!
Kulit ku...
.
.
Memberikan kenyamanan untuk si kecil adalah pr...
Setelah melewati berbagai masalah dan berlikunya p...
Kangen rambut panjang 😓😓
.
.
.
.
#potd #ootd...
My current go to makeup: smokey eye tipis-tipis da...

Advertisement